Wisata museum TRINI, Ngawi-Indonesia

Wisata museum TRINI, Ngawi-Indonesia

Wisata museum TRINIL, Bagi anda yang tertarik dengan obyek wisata museum, Museum Trinil merupakan salah satu rekomendasi untuk anda yang ingin melakukan rekreasi bersama keluarga, teman, kantor maupun sekolah. Museum Purbakala Trinil terletak di Dukuh Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia

Museum Trinil Ngawi, Tujuan wisata sejarah dan Purbakala terbaik


Museum Trinil, museum purbakala terbaik di indonesiaMuseum Purbakala Trinil berada sekitar 5 kilometer arah utara dari jalan raya Solo-Surabaya. Dari Kota Ngawi, museum ini terletak sekitar 13 kilometer arah barat daya. 

Untuk menuju museum ini, dari Kota Ngawi wisatawan dapat menggunakan jasa bus umum arah Solo. Wisatawan turun di gapura besar yang menjadi penanda menuju Museum Trinil. 

Dari gapura tersebut, wisatawan dapat mencarter ojek untuk sampai ke museum dengan menempuh jarak sekitar 5 kilometer. Apabila menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Ngawi, wisatawan sebaiknya bertanya arah yang tepat menuju museum, sebab papan penunjuk menuju museum ini masih sangat minim.

Ratusan Koleksi Benda bersejarah dan fosil zaman purba di Museum Trinil Ngawi


Disini anda dapat melihat-lihat dan mengamati benda/fosil zaman purba, diantaranya :
  1. Fosil tengkorak manusia purba ( Phitecantropus Erectus Cranium Karang Tengah Ngawi )
  2. Fosil tengkorak manusia purba (Pithecantropus Erectus Cranium Trinil Area)
  3. Fosil tulng rahang bawah macan (Felis Tigris Mandi Bula Trinil Area)
  4. Fosil gigi geraham atas gajah (Stegodon Trigonocephalus Upper Molar Trinil Area), 
  5. Fosil tulang paha manusia purba (Phitecantropus Erectus Femur Trinil Area), 
  6. Fosil tanduk kerbau (Bubalus Palaeokerabau Horn Trinil Area), 
  7. fosil tanduk banteng (Bibos Palaeosondaicus Horn Trinil Area)
  8. Fosil gading gajah purba (Stegodon Trigonocephalus Ivory Trinil Area).

Fasilitas di tempat wisata Museum Trinil Ngawi

 Museum Purbakala Trinil telah dilengkapi berbagai fasilitas, seperti lahan parkir yang cukup luas, pendopo atau ruang pertemuan, kantor layanan informasi, tempat istirahat bagi tamu atau peneliti yang ingin tinggal selama beberapa hari, mushola, serta toilet. 
Selain berbagai fasilitas tersebut, wisatawan yang ingin beristirahat usai mengunjungi museum bisa rehat sejenak dengan duduk-duduk di taman yang dilengkapi dengan sarana bermain anak. Taman ini telertak di sebelah utara museum. Taman bermain anak tersebut menyediakan berbagai sarana permainan anak, seperti ayunan, papan seluncur, serta jungkat-jungkit. Selain dihiasi oleh bunga-bunga, taman ini juga diperindah dengan patung-patung hewan yang merupakan rekonstruksi dari bentuk-bentuk hewan purba.

peninggalan benda bersejarah di museum trinil ngawi
Bagi Anda yang ingin melihat langsung aliran Bengawan Solo dapat duduk-duduk di kursi panjang yang menghadap sungai yang terkenal berkat lagu keroncong ciptaan Gesang ini. Sungai ini memanjang persis di sebelah museum dengan dilingkupi rerimbunan pohon yang menyejukkan suasana.

Kuliner Lezat Khas Ngawi, disekitar Museum Trinil

Apabila merasa lapar, para pelancong dapat memesan makanan seperti tempe lodeh plus telur dadar dengan harga yang sangat terjangkau di warung-warung makan di depan museum.

 Disamping sebagai tempat rekreasi juga merupakan tempat untuk menambah ilmu pengetahuan, di dalam museum juga terdapat kronologi terbentuknya benua dan lain-lain, kalau anda belum mengunjungi museum Trinil sebaiknya anda mengujunginya apalagi jika anda sedang berada di kawasan Kabupaten Ngawi, disamping Museum Trinil juga masih banyak tempat-tempat rekreasi yang menarik di Kabupaten Ngawi antara Lain, waduk pondok, waduk sangiran, pemandian alam Tawon, air terjun srambang, kebun teh Jamus, Benteng Pendem, dan lain-lainnya. 

Related Posts

Wisata museum TRINI, Ngawi-Indonesia
4/ 5
Oleh