Wisata Gunung Lawu Magetan-Jawa timur

Wisata Gunung lawu magetan, tujuan favorit para pendaki gunung


Wisata Gunung Lawu  - Gunung Lawu (3.265 m) adalah salah satu gunung yang berada di perbatasan Propinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini telah lama tidak aktif. Di lereng Gunung Lawu terdapat punden kecil yang mengeluarkan uap air ( fumarol ) serta belerang ( solfatara ). Terdapat 3puncak tertinggi di Gunung yang mempunyai pemandangan indah ini. Tiga puncak itu adalah Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah, dimana puncak tertinggi dari ketiganya adalah Hargo Dumilah.

Menikmati Keindahan Alam dari Puncak Gunung Lawu


Puncak Gunung Lawu magetan
Setelah sampai di puncak, kalian akan di suguh i dengan keindahan alam yang sangat indah, keindahan pemandangan matahari terbit (sun rise), apa lagi ketika malam kalian jga bisa menikmati kemerlipnya kota madiun, magetan,ngawi, sragen dan sekitarnya,,  

Puncak gunung Lawu pagi itu udaranya sangat bersih kami dapat melihat pantulan matahari di Samudera Indonesia, deburan dan riak ombak Laut Selatan sepertinya sangat dekat. Sangat jelas terlihat kota Wonogiri juga kota-kota di Jawa Timur. Tampak waduk Gajah mungkur di Wonogiri juga dapat terlihat dengan jelas sekali telaga Sarangan yang dikelilingi tempat penginapan

Situs-situs Bersejarah di wisata Gunung Lawu

Di gunung lawu ini juga banyak tempat-tempat keramat antara lain Sendang Drajat, Argo Dalem, Argo Dumilah, Pasar Dieng, Batu Tugu “Punden Berundak”, Lumbung Selayur, Telaga Kuning dan masih banyak lagi. Gunung ini juga ditumbuhi bunga Edelweis berwarna merah muda, kuning dan putih.

hamparan savana bunga edelweis di atas gunung lawu

Alun-alun Argo Dalem merupakan hamparan padang terbuka bervegetasi perdu, memungkinkan kita untuk melihat kearah puncak maupun kelembah di bawahnya.

Ada pondok utama yang biasanya menjadi tujuan peziarah yang datang, lengkap dengan barang-barang persembahannya Puncak Gunung Lawu berupa dataran yang berbukit-bukit dan terdapat titik trianggulasi.


Dari arah puncak kita dapat menikmati pemandangan yang sangat menawan. Selain Matahari terbit, bila kita memandang ke arah barat, akan tampak puncak Gunung Merapi dan Merbabu, dan arah timur akan terlihat puncak Gunung Kelud, Butak dan Wilis.
edelweis putih gunung lawu

Beberapa hal yang harus anda patuhi saat mendaki gunung lawu.

Setiap orang yang hendak pergi ke puncaknya harus memahami berbagai larangan tidak tertulis untuk tidak melakukan sesuatu, baik bersifat perbuatan maupun perkataan. Bila pantangan itu dilanggar di pelaku diyakini bakal bernasib naas. Tempat-tempat lain yang diyakini misterius oleh penduduk setempat yakni: Sendang Inten, Sendang Drajat, Sendang Panguripan, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Repat Kepanasan/Cakrasurya, dan Pringgodani.

Pintu masuk cemoro sewu jalur pendakian gunung lawu

Gunung ini pun kerap disambangi para peziarah karena menyimpan obyek-obyek sakral bersejarah. Tempat sakral di sekitar Gunung Lawu terutama petilasan-petilasan Raden Brawijaya seperti Pertapaan Raden Brawijaya, dan Cengkup (rumah kecil yang ditengah-tengahnya terdapat kuburan).

Related Posts

Wisata Gunung Lawu Magetan-Jawa timur
4/ 5
Oleh